Pages

Saturday 22 June 2013

Cara dan kiat berhenti merokok

Cara dan kiat berhenti merokok. Merokok bukan hanya di kalangan pria saja tapi dalam di kalangan wanita pun banyak di temukan perokok aktif bahkan menjadi trens di kalangan mereka padahal sudah terpapar jelas efek buruk dan bahayanya dari merokok. Tidak ada istilah terlambat untuk berhenti merokok bagi yang berniat ingin berhenti merokok. Karenanya kalau kita berniat untuk menghentikan kebiasaan buruk tersebut mulailah dari hari ini, dan saat ini juga. Berikut beberapa tips berhenti merokok yang patut di ikuti agar niat berhenti merokok dapat segera terwujud.

Niat

Untuk memulainya kita harus memiliki niat yang kuat, gagalnya usaha untuk berhenti merokok karena tidak adanya niat yang kuat dalam diri kita untuk tetap bertahan pada keinginan untuk berhenti merokok.

Minta dukungan orang-orang terdekat

Hal ini di perlukan agar orang-orang terdekat kita mengingatkan manakala keinginan merokok mengerogoti niat awal kita untuk berhenti. Saling mendukung adalah kunci dalam menjaga ketetapan hati untuk berhenti merokok.

Pindahkan semua hal yang berhubungan dengan rokok

Asbak, korek api, cerutu dan aksesoris lainnya hilangkan dari sekitar anda. Bersihkan rumah, kantor, dan baju kita yang berbau rokok karena hal tersebut hanya akan mengingatkan kita pada rokok.

Membaca buku yang berhubungan dengan bahaya rokok

Dengan membaca buku yang berhubungan dengan bahaya merokok, imajinasi kita akan terpengaruh. Pembahasan mengenai satu batang rokok yang mengandung 10.000 radikal bebas dan tidak kurang dari 4000 bahan kimia berbahaya diharapkan dapat menyurutkan keinginan kita untuk merokok. Rokok bagaikan serigala berbulu domba, sangat disayang oleh begitu banyak orang di seluruh dunia.

Kurangi secara bertahap

Mulailah mengurangi jumlah rokok yang kita isap perharinya secara bertahap. Misalkan dari 12 batang / hari, besok jadi 11, besoknya lagi 10 dan seterusnya.

Beli rokok murahan

Belilah rokok yang harganya murahan dan kualitasnya pas-pasan. Selain rasanya yang hambar di lidah dan gatal di tenggorokan juga kita akan malu jika merokok di tempat umum, merk rokoknya murahan .

Hentikan kebiasan diam tanpa aktifitas

Biasanya para perokok membuang waktu luangnya dengan merokok. Untuk mengisi waktu luang kita cobalah dengan aktifitas yang lebih bermanfaat.

Bawalah permen di saku kita

Pecandu rokok akan sulit berhenti total dan pasti akan ingin merokok lagi. Kalau keinginan merokok datang, cobalah memakan permen yang ada di saku kita. Diharapkan dengan permen dapat mengurangi ketagihan kita akan rokok.

Pergaulan

Bergaulah dengan orang-orang yang telah berhasil berhenti merokok. Minta atau berbagilah tips-tips terampuh untuk berhenti merokok.

Intropeksi diri

Evaluasi antara lebih banyak manakah dari keuntungan kita merokok untuk kesehatan kita, atau lebih banyak ruginya bagi kesehatan. Dari segi biaya yang kita keluarkan untuk merokok dan biaya untuk kesejahteraan kita, coba kita hitung lebih menguntungkan biaya untuk apa ?. Dari sini kita akan lebih mengetahui letak kesalahan dan kekurangan yang kita lakukan sehingga bisa di perbaiki kedepannya.

Doa dan ikhtiar

Niat yang kuat, usaha yang gigih pantang menyerah dalam menghentikan kebiasaan buruk merokok dan tidak mudah tergoda lagi hanya karena sebatang rokok. Jangan lupa bedoa supaya keinginan kita dapat tercapai.