Pages

Sunday 30 June 2013

Cara Curhat Yang Aman

Cara curhat yang aman. Curhat ( curahan hati ) istilah ini sudah sangat akrab di telinga kita, apalagi bagi kaum hawa terutama di kalangan remaja. Curhat berarti mengeluarkan keresahan atau kegundah gulanaan dikala sedang galau dengan berbagai tujuan. Misalnya, agar mendapat masukan untuk penyelesaian masalahnya, mendapat simpati, atau hanya sekedar mengeluarkan kekesalan saja. Namun curhat di lakukan tidak hanya apabila sedang terbelit masalah saja, ketika senang pun terkadang curhat dapat di lakukan. istilah curhat seolah - olah hanya milik kaum muda saja padahal anak - anak dan orang tua pun suka bercurhat. Anak - anak biasanya curhat tentang masalah mainanya, untuk orang tua biasanya tentang masalah keluarga, ekonomi, anak - anaknya, dsb. Tidak jarang juga orang tua memanfaatkan waktu bergosip untuk curhat. Jadi bagi anda yang suka curhat berikut adalah tips aman dalam bercurhat :

Perhatikan siapa yang akan menjadi tempat curhat
Hal ini penting agar dapat menyesuaikan dengan topik yang akan di curhatkan. Sebab tidak semua orang mau mendengarkan masalah kita.

Perhatikan waktu dan kondisi
Kita harus memperhatikan keberadaan orang yang akan kita jadikan tempat curhat, sedang berada di mana dan juga sedang melakukan aktifitas atau tidak. Kita tidak bisa tiba - tiba saja menelpon sambil menangis kepada seseorang sedangkan kita tidak tahu apakah orang tersebut mempunyai waktu untuk mendengarkan celotehan kita atau malah dia juga sedang memiliki masalah misalnya di tempat kerja, dll.

Perhatikan topik curhat
Pertimbangkan masalah yang akan di curhatkan, apakah butuh bantuan orang lain sehingga orang lain perlu tahu. Hindari berbicara yang berlebihan apalagi sampai berulang - ulang, karena itu akan membuat teman curhat menjadi bosan.

Duduk bersama
Ciptakanlah suasana saling membutuhkan, maka akan tercipta suasana yang nyaman. Karena mungkin saja teman curhat kita juga membutuhkan tempat untuk curhat

Yang perlu diingat jangan jadikan curhat sebagai ajang untuk pamer dan membuka aib orang lain. Walaupun yang membuat  kita ingin curhat karena kesal terhadap seseorang.