Pages

Saturday 29 June 2013

Cara Cepat belajar Matematika

Mata pelajaran matematika merupakan ilmu pengetahuan yang banyak manfaatnya dalam kehidupan. Tanpa kita sadari banyak sekali kegiatan dan bagian dari hidup kita yang berkaitan dengan matematika. Sebagian yang malas belajar matematika menganggap bahwa pelajaran matematika itu sangat menyusahkan dan menakutkan, tetapi apabila kita mengenal pelajaran matematika dengan baik maka akan lebih menyenangkan dan mudah dalam mengerjakanya. Inilah cara cepat belajar matematika !

Gunakan logika berfikir
Yang paling penting dalam belajar matematika adalah logika berfikir. Oleh karena itu dibutuhkan pemahaman yang benar tentang matematika. Matematika tidak hanya membutuhkan kemampuan berhitung karena bila hanya berhitung saja, maka kita bisa dengan mudah menggunakan alat bantu seperti kalkulator

Gunakan cara yang menyenangkan
Semua akan setuju apabila mempelajari sesuatu dengan hati yang senang akan dapat dengan mudah memahami hal tersebut. Begitu juga dengan matematika, serumit apapun soal matematika bila kita mengerjakanya dengan senang atau dengan cara yang menyenangkan maka kita dapat dengan cepat menguasainya.

Gunakan simbol
Karena matematika pada dasarnya bersifat abstrak / tidak nyata, oleh karena itu agar kita tidak kesulitan dalam belajar matematika, kita harus bisa memegang, merasakan, serta melihat sehingga kita harus bisa mewujudkan dalam bentuk nyata agar kita dapat dengan mudah memahami matematika.

Uraikan dalam bentuk cerita
Sebuah soal matematika yang sangat rumit dan sulit, akan dapat dengan mudah untuk di pecahkan bila diuraikan dalam bentuk cerita. Ini berhubungan dengan logika berikir. Oleh karena itu bila kita terbiasa menggunakan logika berfikir dalam memecahkan soal matematika, kita tidak akan menemui kesulitan bila kita di suguhkan dengan soal matematika dalam bentuk cerita.